Senin, 29 Oktober 2012

Kamera 'Mirrorless' Nikon Terbaru Segarang DSLR

petapixel.com

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu Nikon merilis V2, update terbaru dari seri kamera mirrorless Nikon 1. Tak seperti saudara-saudaranya, kamera ini punya tampang lebih "serius" dengan mengusung faktor bentuk ala DSLR

Lekuk tubuh Nikon 1 V2 terlihat sangat berbeda dibandingkan pendahulunya, dengan tambahan handgrip dan flash yang menyatu pada elctronic viewfinder.
evolved
Namun, pembaruan yang dilakukan Nikon pada V2 bukan terbatas pada penampilan fisik saja.

Salah satu fitur unggulan Nikon 1 V2 adalah "Best Moment Capture Mode" di mana kamera ini seolah memperlambat waktu dengan menampilkan gambar pada jendela bidik dalam kecepatan yang 5 kali lebih pelan daripada waktu sebenarnya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup menekan tombol shutter setengah jalan, dan Nikon 1 V2 akan merekam 40 frame yang ditampilkan mirip video slow motion.

Begitu momen yang diinginkan terlihat dalam gerak lambat, pengguna bisa langsung mengambil gambar dengan menekan penuh tombol shutter.
v2d
Ada pula fitur "Smart Photo Selector" di mana Nikon 1 V2 akan mengambil 20 frame dengan cepat dan memilih lima di antaranya yang dianggap paling bagus secara otomatis (berdasarkan akurasi exposure, fokus, wajah, dan lain-lain).

Dengan demikian, diharapkan kamera "serius" ini bisa lebih bersahabat dengan pemula.

Dari segi spesifikasi teknis, Nikon 1 V2 membawa beberapa perubahan dibandingkan pendahulunya, Nikon 1 V1. Resolusi sensor ditingkatkan dari 10.1 MP menjadi 14.2 MP. Tingkat sensitivitas maksimum didongkrak dari ISO 3200 menjadi ISO 6400.

Kamera ini pun memiliki burst rate lebih tinggi, yaitu 15 frame per detik dengan AF dijalankan, naik dari 10 frame per detik pada V1.

Selain dari layar LCD 3 inci ber-resolusi 921 ribu pixel, pengguna Nikon 1 V2 juga bisa membidik lewat electronic viewfinder  yang menampilkan gambar tajam dengan resolusi 1.4 MP.

Perekaman video disediakan dalam format hingga 1080p dengan frame rate 60 fps.

Kamera ini rencananya akan dirilis tanggal 22 November mendatang dengan harga 900 dollar AS termasuk lensa kit 10-30mm.

Bersamaan dengan V2, Nikon juga memperkenalkan unit flash baru bernama Sppeedlight SB-N7 dengan guide number 18.

Seri Nikon 1 adalah keluarga kamera mirrorless dari Nikon yang memakai sensor berukuran 13.2x88 mm (format CX) dengan faktor pengali 2.7x.
petapixel.com
petapixel.com
Sumber :

Kamera 'Mirrorless' Nikon Terbaru Segarang DSLR Rating: 9 Diposkan Oleh: CV Sinar Surya Suryandaru