Selasa, 16 Oktober 2012

Wikipedia Digratiskan di Timur Tengah

KOMPAS.com - Sebanyak 25 juta pengguna ponsel di tiga negara Timur Tengah kini dapat mengakses situs web ensiklopedia bebas Wikipedia, melalui jaringan seluler tanpa dikenakan biaya layanan data sepeserpun. Tiga negara tersebut adalah Saudi Arabia, Bahrain, dan Kuwait.

Wikimedia Foundation dan operator seluler Saudi Telecom Company (STC), menjalin kerjasama menawarkan akses gratis melalui program yang disebut sebagai Wikipedia Zero. Wikimedia Foundation menggandeng operator lokal untuk menghilangkan biaya layanan data, dan hambatan lainnya dalam mengakses Wikipedia.

Tujuannya, membantu masyarakat di negara berkembang lebih mudah mendapatkan informasi di situs web ensiklopedia bebas tersebut. Yayasan ini memberikan prioritas tinggi untuk negara berbahasa Arab, dan beberapa negara di belahan dunia lain.

Melalui program ini, menurut Wikimedia Foundation, ada 230 juta pengguna ponsel yang memiliki akses gratis ke Wikipedia.

"Kami sangat gembira STC telah bergabung dengan kami dalam menghilangkan penghalang utama ketika pengguna ingin mengakses Wikipedia dari ponsel," kata Kul Takanao Wadhwa, Head of Mobile Wikimedia Foundation, seperti dikutip dari situs web teknologi CNet, Senin (15/10/2012).

Wadhwa menambahkan, proyek Wikipedia dalam bahasa Arab merupakan prioritas strategis bagi yayasan. Kemitraan yang terjalin ini turut mendukung misi agar semua orang bisa mengakses pengetahuan secara bebas.

Pelanggan STC dapat memanfaatkan layanan gratis dengan membuka situs web Wikipedia di browser ponsel. Bagi pelanggan yang memilliki koneksi lambat, bisa mengakses Wikipedia versi teks untuk meminimalisir penggunaan data.

Grup Saudi Telecom Company berbasis di Arab Saudi, yang juga induk perusahaan Axis Telekom di Indonesia.

Wikipedia Digratiskan di Timur Tengah Rating: 9 Diposkan Oleh: Joko Juragan Pulsa