Rabu, 09 Januari 2013

Sekilas Sejarah Internet

Artikel Mengenai Sejarah Internet - Internet memang sangat penting untuk perkembangan sebuah individu ataupun kelompok, bahkan negara. Karena kekuatan internet sangatlah hebat, bahkan internet dapat dijadikan untuk mencari sumber pencaharian bagi sebagian orang. Oleh karena itu internet bagi sebagian orang menjadi kebutuhan utama.
Banyak orang yang menggunakan internet, namun tidak banyak yang tahu, bagaimana sejarah internet yang terjadi selama perkembangannya. Mungkin saat ini, kebanyakan orang mengeluh tentang internet lemot, tetapi mungkin saja pada jaman dahulu, internet yang sekarang adalah super cepat. Oleh karena itu, marilah kita mempelajari sedikit sejarah internet, agar tahu seberapa perjuangan pengembang internet hingga menjadi koneksi internet yang seperti sekarang ini.
Sejarah Internet dimulai pada tahun 1969 yang dilakukan oleh DARPA, yaitu sebuah badan pertahanan Amerika Serikat yang membuat sebuah proyek yang bernama ARPANET. ARPANET adalah sebuah proyek yang memungkinkan untuk membuat sistem yang saling terhubung. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP dan hingga sekarang masih dikembangkan.
Sambungan pertama ARPANET yang terbentuk dan saling terhubung adalah beberapa universitas. Universitas diantaranya adalah Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah yang terhubung pada tahun 1969. Jadi total terdapat empat (4) simpul jaringan.ARPANET secara umum diperkenalkan pada tahun 1972. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, dalam proyek ini ada 213 jaringan yang tersambung, dan ini membingunkan ARPANET untuk mengaturnya. Sehingga ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer, dan ARPANET untuk keperluan non militer seperti universitas. Kedua jaringan tersebut dikenal sebagai DARPA Internet dan disingkat menjadi Internet.
Setelah terbentuknya Internet, perkembangan ini terus terjadi hingga sekarang. Proyek-proyek pendukung lainnya sudah banyak yang diterapkan pada jaman sekarang ini. Contohnya saja proyek DNS, pengalamatan IP, Email, TCP/IP, WWW, dan masih banyak lagi. Perkembangan internet masih terus berkembang dan memunculkan banyak inovasi atau perangkat atau sistem. Seperti yang masih hangat sekarang adalah Cluod Computing yang mungkin akan menjadi trend di masa depan.

Sekilas Sejarah Internet Rating: 9 Diposkan Oleh: CV Sinar Surya Suryandaru